segunda-feira, 3 de outubro de 2022

Enggak Punya Duit, Timnas Timor Leste Mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2023


Bola.com - Zulfirdaus Harahap

Bola.com, Dili - Kabar mengejutkan datang dari Timnas Timor Leste U-17. Federasi Sepak Bola Timor Leste (FFTL) memutuskan tidak memberangkatkan skuad U-17 ke Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 karena masalah finansial.

Kepastian itu diungkapkanTimor Leste Football News di akun media sosial Facebook. Mereka mengutip sebuah wawancara dari perwakilan FFTL dengan jurnalis lokal yang disiarkan melalui YouTube.

Timnas Timor Leste U-17 sebenarnya sudah siap menyambut Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Namun, tiket dan akomodasi yang mahal ke Tajikistan membuat FFTL batal mengirimkan skuad U-17.

"Pada wawancara dengan orang tua pemain U-17, para pemain mereka secara fisik sudah siap. Namun, FFTL mengatakan mereka tidak siap secara tiket dan akomodasi yang cukup mahal," bunyi keterangan tersebut.

Mundurnya Timor Leste membuat Grup H Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 menyisakan tiga tim. Mereka adalah tuan rumah Tajikistan, Mongolia, dan Afghanistan.

Krisis Finansial

Federasi Sepak Bola Timor Leste (FFTL) memang sedang dilanda badai krisis finansial dalam enam bulan terakhir. Situasi ini pula yang menyebabkan pelatih Fabio Magrao memilih mundur dari jabatannya.

Fabio Magrao sebelumnya mengaku gajinya tidak dibayar oleh FFTL selama lima bulan. Situasi itu akhirnya memaksa pelatih asal Brasil itu meletakkan jabatannya sebagai arsitek tim senior.

FFTL kini harus mencari sumber dana untuk membiayai organisasi dan persepakbolaan Timor Leste. Dalam waktu dekat Timor Leste akan menghadapi Brunei Darussalam pada Kualifikasi Piala AFF 2022 yang bakal digelar secara kandang dan tandang.

Persiapan Matang

Sementara itu, Pelatih Bima Sakti menyebut persiapan Timnas Indonesia U-17 ke Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 sudah matang. Mengenai pemilihan 23 pemain, Bima menegaskan itu sudah sesuai regulasi dan kebutuhan tim.

"Kondisi pemain saat ini sangat baik dan tidak ada masalah. Kami memilih 23 pemain berdasarkan regulasi dan kebutuhan tim," ucap Bima Sakti.

"Dengan materi pemain yang ada, saya optimistis dapat lolos ke putaran final Piala AFC U-17 2023 mendatang," tegas Bima Sakti.

Sem comentários:

Enviar um comentário

Nota: só um membro deste blogue pode publicar um comentário.